3 Gerakan Yoga Pereda Stres

Yoga mungkin sudah dilakukan sejak 5.000 tahun lalu. Namun manfaat olahtubuh ini bagi kesehatan masih terus digali. Dari sekian manfaat yang didapatkan dari yoga, yang paling dominan adalah menurunkan ketegangan, stres, depresi dan tekanan darah.
“Dengan ritme napas yang teratur, yoga bisa menenangkan pikiran, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan pada otot dan menguatkan pernapasan,” kata Rene Johnson, instruktur yoga dari Shanti Yoga, Edmonton, Kanada.

Coba lakukan tiga gerakan yoga berikut, dan dapatkan manfaat lebih dari yoga…

SELAMAT MENCOBA KAWAN!!! 😀

Menekuk punggung ke depan
Caranya, berdiri tegak, kemudian bungkukkan tubuh Anda dengan lutut sedikit menekuk. Biarkan kepala menggantung ke bawah dengan bebas, dan silangkan tangan di depan dada. Coba raih paha belakang dengan kedua tangan Anda. Ambil napas dalam-dalam. Capai batas maksimal Anda. Tahan selama lima menit, kemudian berdiri tegak dan ulangi gerakan tersebut. “Gerakan ini bisa memperlancar aliran darah ke otak dan ginjal,” kata Rene.

Pose gunung
Berdiri diam selama satu hingga lima menit. Biarkan pundak dan lengan Anda dalam posisi santai. Lakukan peregangan pada pergelangan tangan Anda secara perlahan. Kemudian tempelkan kedua telapak tangan Anda di depan dada, setinggi letak jantung. Tekan satu sama lain dengan pelan. Kempiskan perut Anda. Naikkan dada dan biarkan kedua lengan Anda membentuk posisi segitiga (gunung) di depan dada dengan kedua telapak tangan tetap saling bertemu. Pejamkan mata Anda, dan mulailah melakukan gerakan tarik-tahan-buang napas secara perlahan. Gerakan seperti ini untuk meningkatkan konsentrasi dan energi.

Merentangkan tangan
Kedua tangan direntangkan lurus ke samping. Saat Anda mengambil napas, angkat kedua tangan Anda setinggi pundak dengan posisi tetap lurus. Kedua telapak tangan menghadap ke atas. Saat membuang napas, turunkan tangan Anda sedikit dengan kedua telapak tangan menghadap ke bawah. Lakukan berulang kali, dan mulailah mengontrol gerakan saat mengambil dan membuang napas. Gerakan ini melatih pernapasan dada Anda, menurunkan ketegangan pada otot-otot saraf dan menurunkan stres. (SUMBER: besthealthmag.ca)

Leave a comment